Sosialisasi Empat Pilar MPR RI

Anggota DPR RI Prof. Dr. Bachtiar Aly, MA mengadakan Sosialisasi Empat Pilar kepada masyarakat dan para Geuchik pada Kecamatan Meuraxa dengan tujuan meningkatkan kesatuan dan persatuan dalam kehidupan bermasyarakat, Senin (09/10/2018) di aula Kantor Camat Meuraxa, Kota Banda Aceh.

Dalam Sosialisasi Nara Sumber menjelaskan Pancasila merupakan pilar yang pertama dan utama karena merupakan dasar negara Indonesia. Pilar kedua adalah UUD 1945. Dijadikannya UUD 1945 sebagai pilar kedua karena UUD merupakan pedoman bagi setiap pembuatan undang-undang.

Pilar ketiga adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). NKRI dijadikan salah satu pilar kebangsaan karena bangsa kita adalah bangsa yang majemuk. Terakhir adalah Bhineka Tunggal Ika. Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan dari negara Indonesia yang maknanya adalah walaupun bangsa Indonesia berbeda-beda baik suku, agama, ras, etnis, budaya, serta bahasa, tetapi pada dasarnya tetap satu.

“Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tersebut hadir sebagai landasan dan jalan agar semua tujuan negara dapat tercapai. Hal ini karena tujuan negara berasal dari UUD 1945. Sedangkan NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sebagai pemersatu dan pancasila hadir sebagai dasar dari ketiga pilar diatas. Jadi, jika kita mampu mengerti dan mengamalkan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari, maka bukan tidak mungkin tujuan negara akan tercapai sesuai harapan”.